Mengenal Wagyu, Daging Sapi Terbaik di Dunia

KAN Jabung| Wagyu disebut-sebut sebagai daging sapi terbaik di dunia. Wagyu ini berasal dari negara Jepang dan banyak dijadikan bahan utama pembuatan steak bernilai mahal. Meski begitu, kamu bisa mengolah daging sapi wagyu menjadi masakan enak lainnya.

Wagyu sendiri berasal dari kata ‘Wa’ yang bermakna ‘Jepang’ dan ‘Gyu’ yang bermakna ‘sapi’. Salah satu jenis daging sapi termahal di dunia ini juga mudah ditemukan pada banyak jenis makanan khas Jepang.

Nah, agar mengenal lebih jauh, di bawah ini kami akan menginformasikan sejumlah fakta seputar wagyu daging sapi terbaik di dunia. Simak dengan saksama ya!

Fakta Menarik Tentang Daging Sapi Terbaik di Dunia

Setidaknya ada enam fakta yang perlu kamu ketahui tentang daging sapi terbaik di dunia bernama wagyu ini. Di antaranya sebagai berikut:

1. Tekstur Daging Sapi Wagyu Berbentuk Marmer

Daging sapi wagyu memang tampak berbeda dengan daging sapi biasa. Dilihat dari teksturnya, daging sapi wagyu memiliki tekstur seperti marmer. Tekstur seperti marmer ini terlihat pada lapisan lemak intramuskular yang ditemukan pada otot daging sapi.

Perlu kamu tahu juga bahwa daging sapi wagyu memiliki kandungan persentase asam lemak yang lebih tinggi dibandingkan daging sapi pada umumnya. Nah, semakin tinggi persentase asam lemak daging sapi maka ‘bentuk marmernya’ akan semakin terlihat, semakin empuk dan juicy.

2. Daging Sapi Wagyu Tinggi Lemak

Ciri khas daging wagyu berikutnya yakni memiliki kandungan lemak yang tinggi. Perlu kamu tahu nih, ahli nutrisi modern menyebutkan bahwa lemak yang tepat dengan jumlah sedang sangat bermanfaat untuk diet sehat.

Nah, daging sapi wagyu memiliki kandungan persentase asam lemak omega 3 lebih kecil dibandingkan persentase asam lemak omega 6. Jadi, daging sapi wagyu bisa dikatakan memiliki lemak tak jenuh tunggal lebih tinggi daripada daging sapi biasa.

Lemak tak jenuh tunggal ini bukan saja menjadikan tekstur daging sapi ‘lebih indah’ dibandingkan daging sapi biasa, tapi juga memiliki cita rasa yang lebih nikmat. Bagi pelaku diet, boleh banget nih mengonsumsi daging sapi wagyu yang mengandung lemak baik ini. Tapi tetap konsumsi sewajarnya saja alias tidak berlebihan.

3. Bercita Rasa Gurih dan Empuk

Karena bertekstur marmer dan kandungan persentase asam lemak yang tinggi, daging sapi terbaik di dunia bernama wagyu ini memiliki cita rasa yang gurih, empuk dan pastinya bikin nagih. Mungkin kamu sulit menelan daging sapi biasa. Nah, daging sapi wagyu ini mudah sekali ditelan lho karena lebih empuk dari daging sapi biasa.

Tidak heran kalau banyak restoran di Jepang yang menjadikan daging wagyu sebagai bahan utama hidangan steak. Meski harganya mahal, di sana banyak orang yang ‘kepincut’ dan ketagihan dengan cita rasa steak daging sapi wagyu.

4. Bercita Rasa Lezat dan Nagih

Bukan hanya gurih dan empuk, olahan masakan berbahan dasar daging sapi wagyu pasti memiliki cita rasa yang lezat dan bikin ketagihan siapa saja yang menikmatinya. Selain gurih, daging sapi wagyu juga mengeluarkan cita rasa manis yang khas dan melting atau meleleh saat dikunyah di dalam mulut.

Nah, tingkat kelezatan daging sapi wagyu juga bergantung pada grade-nya ya. Jika grade-nya tinggi, daging sapi wagyu akan semakin lezat. Meski, harga daging sapi wagyu dengan grade tinggi lebih mahal dibandingkan yang grade rendah.

5. Harga Daging Sapi Wagyu Mahal

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, bahwa harga daing sapi wagyu lebih mahal dibandingkan daging sapi biasa, bahkan boleh dikatakan ‘jauh’ lebih mahal. Dengan berbagai keunggulannya, rasanya menjadi sesuatu yang wajar kalau daging sapi wagyu dibanderol dengan harga yang mahal.

Daging sapi biasa secara umum dijual dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu. Sementara daging sapi wagyu harganya bisa mencapai Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribu, tergandung dengan grade daging sapi wagyu yang kamu beli.

6. Kandungan Gizi Tinggi

Bukan hanya lezat dan gurih, daging sapi wagyu juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Daging sapi terbaik di dunia ini memiliki kandungan gizi berupa asam lemak omega 3 dan omega 6, natrium, asam lemak tak jenuh, zat besi dan natrium.

Selain itu, tentunya daging sapi wagyu memiliki kandungan protein yang besar. Pokoknya, daging sapi wagyu menyehatkan banget deh untuk tubuh.

Itulah enam fakta yang perlu kamu ketahui tentang daging wagyu. Apakah kamu ingin mencoba mengolah masalah dari daging sapi wagyu? Meski berasal dari Jepang, daging sapi wagyu saat ini juga dijual di Indonesia kok.

Bahkan, cukup banyak restoran di Indonesia yang menyediakan menu spesial steak daging sapi wagyu. Dijamin deh, kamu bakal ketagihan dengan olahan masakan berbahan dasar daging sapi terbaik di dunia ini!

Tentang Kan Jabung

Koperasi Agro Niaga Jabung (KAN Jabung Syariah Jawa Timur), sekarang memiliki ±2423 anggota aktif yang tergabung. Berlokasi di Jl. Suropati No.4-6, Ds. Kemantren, Kec. Jabung, Kab. Malang, Jawa Timur ini dinobatkan sebagai

Artikel Terbaru

Bersama KAN Jabung Syariah Jawa Timur, Berdaya Bersama. Siap Menjadi Wadah Hijrah dan Mimpi Semua Orang.

Beranda

Bidang Usaha

Tentang Kan Jabung

Lowongan Kerja

Kebijakan Privasi

Gallery

Hubungi Kami

Jl. Suropati No. 4- 6 Ds. Kemantren, Kec. Jabung, Kab. Malang, Jawa Timur 65155

© 2020 Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung Syariah Jawa Timur