Mengenal Sapi Sahiwal, Mampu Hasilkan 8 Liter Susu per Hari

Sapi FH atau Friesian Holstein merupakan sapi perah paling banyak populasinya di Indonesia bahkan di dunia. Tapi, tahukah kamu tentang Sapi Sahiwal? Jenis sapi satu ini juga bisa diambil susunya dan tergolong sapi perah yang sangat produktif.

Ya, sapi Sahiwal termasuk jenis sapi perah yang sangat populer di dunia untuk memproduksi susu berkualitas dan berjumlah banyak. Jenis sapi ini diketahui mampu menghasilkan susu lebih banyak dari sapi FH rata-rata.

Nah, sebelum beternak sapi Sahiwal, kamu perlu tahu nih beberapa hal tentangnya. Perlu diketahui juga kapan sapi Sahiwal bisa diperah susunya. Di bawah ini kami paparkan penjelasan selengkapnya. Simak dengan seksama ya!

Ciri-ciri Sapi Sahiwal

Sapi Sahiwal adalah jenis sapi perah yang berasal dari negara India, tepatnya di provinsi Punjab. Jenis sapi perah ini sudah menyebar di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Sapi Sahiwal cukup populer di tanah air.

Ciri-ciri sapi Sahiwal pertama yakni memiliki bulu berwarna cokelat muda hingga cokelat kemerahan. Bulunya halus, kakinya pendek. Adapun bobot sapi Sahiwal jantan dewasa bisa mencapai 600 kilogram, sementara sapi betina dewasa bisa mencapai 450 kilogram.

Sapi Sahiwal termasuk sapi perah terbaik di wilayah tropis lho. Hal ini dibuktikan dengan kemampuannya dalam memproduksi susu berkualitas dan berjumlah banyak di tengah iklim tropis. Sapi perah ini memang terkenal mudah beradaptasi dengan lingkungan tempat hidupnya.

Berapa Banyak Susu yang Dihasilkan Sapi Sahiwal?

Sapi Sahiwal dapat menghasilkan susu sebanyak 8 liter per hari pada masa laktasi. Atau, jika dijumlah secara keseluruhan bisa sebanyak 2.500 hingga 3.000 liter susu sepanjang masa laktasi. Inilah salah satu alasan sapi Sahiwal disebut-sebut sebagai salah satu sapi terbaik di dunia untuk diambil susunya.

Tentunya, agar bisa mendapatkan susu yang melimpah, peternak harus merawat atau memelihara sapi Sahiwal dengan baik. Bukan cuma pakannya, kebersihan, kenyamanan dan kesehatan sapi juga perlu diperhatikan. Hal ini perlu dilakukan agar sapi memiliki kesehatan fisik dan kesehatan mental yang baik.

Nah, masih banyak nih peternak sapi yang tidak memerhatikan kebersihan dan kenyamanan kandangnya. Padahal, kebersihan dan kenyamanan kandang sapi sangat berpengaruh terhadap produksi susu yang dihasilkannya. Jadi, pastikan kamu memerhatikan kebersihan dan kenyamanan kandang sapi ternakmu ya agar susu yang dihasilkannya melimpah dan berkualitas!

Kapan Sapi Bisa Diperah Susunya?

Tiba saatnya kamu mengetahui kapan sapi Sahiwal bisa diperah susunya. Menurut penelitian, sapi Sahiwal idealnya bisa mulai diperah susunya ketika sudah menginjak usia 2,5 tahun sampai 3 tahun.

Lebih lanjut, proses pemerahan susu sapi Sahiwal sebaiknya dikurangi atau dihentikan dulu saat sudah beranak sebanyak 5 kali atau lebih. Alasannya, siklus laktasi pada sapi terjadi maksimal saat sapi telah beranak ke-3 kalinya. Maksudnya, sapi sudah 3 kali melahirkan.

Setelahnya, kualitas susu sapi Sahiwal akan mengalami penurunan, termasuk juga jumlahnya. Jika sudah demikian, sapi Sahiwal masih bisa dimanfaatkan kok. Pertanyaannya, dimanfaatkan untuk apa?

Sapi Sahiwal yang sudah tidak produktif menghasilkan susu bisa disembelih untuk diambil dagingnya. Selain itu, mereka juga bisa dijadikan sapi indukan untuk mendapatkan bibit-bibit yang berkualitas.

Pakan Terbaik untuk Sapi Sahiwal

Selain faktor usia, pakan juga bisa memengaruhi kualitas dan jumlah susu yang dihasilkan oleh sapi Sahiwal. Nah, ada tiga jenis pakan terbaik yang bisa kamu berikan untuk sapi Sahiwal. Apa saja?

Pertama, pakan rerumputan. Kamu bisa memberikan pakan rumput gajah atau yang lebih bagus lagi seperti rumput kaliandra untuk sapi Sahiwal.

Kedua, pakan konsentrat. Jenis pakan ini bisa kamu dapatkan dari umbi-umbian, biji-bijian dan limbah pertanian seperti jerami padi dan jerami jagung.

Ketiga, pakan tambahan. Pakan tambahan yang dimaksud yakni pakan yang mengandung vitamin, mineral dan gizi tinggi agar sapi Sahiwal selalu dalam keadaan sehat.

Itulah pembahasan tentang kapan sapi Sahiwal bisa diperah susunya dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya. Selamat beternak sapi Sahiwal dan semoga susu yang didapatkan melimpah dan berkualitas tinggi!

Tentang Kan Jabung

Koperasi Agro Niaga Jabung (KAN Jabung Syariah Jawa Timur), sekarang memiliki ±2423 anggota aktif yang tergabung. Berlokasi di Jl. Suropati No.4-6, Ds. Kemantren, Kec. Jabung, Kab. Malang, Jawa Timur ini dinobatkan sebagai

Artikel Terbaru

Bersama KAN Jabung Syariah Jawa Timur, Berdaya Bersama. Siap Menjadi Wadah Hijrah dan Mimpi Semua Orang.

Beranda

Bidang Usaha

Tentang Kan Jabung

Lowongan Kerja

Kebijakan Privasi

Gallery

Hubungi Kami

Jl. Suropati No. 4- 6 Ds. Kemantren, Kec. Jabung, Kab. Malang, Jawa Timur 65155

© 2020 Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung Syariah Jawa Timur